Berhati-hati bagi anda yang sering tidur terlalu lewat. Kebiasaan tidur lewat seperti ini boleh menyebabkan kanser hati.  Selain itu, tidur terlalu lewat juga boleh menyebabkan masalah diabetes dan penyakit jantung, demikian menurut Profesor Philippe Foguel, dari Imperial College London.
 
Sarannya, mengawal gula darah adalah salah satu dari kebanyakan proses yang diatur oleh jam biologi tubuh, dan salah satu darip jam biologi tubuh adalah tidur.  Apabila tidur terganggu atau sering tidur lewat, ini akan memberi kesan pada proses pengawalan gula darah.
 
Sebuah kajian berkaitan tabiat tidur ini telah dilakukan oleh Nature Genetics terhadap 20 ribu pekerja syif malam.  Hasilnya terbukti, responden-responden tersebut berisiko terhadap penyakit diabetes dan penyakit jantung.
 
Malah, penyelidik telah menemui varian  gen yang berisiko terhadap diabetes mahupun penyakit jantung.  Kesimpulannya, tidur terlalu lewat dan bangun terlalu lewat boleh mengganggu proses pembuangan zat-zat yang tidak berguna di dalam tubuh.
 
Selain itu, waktu dari tengah malam hingga jam empat pagi adalah waktu untuk sumsum tulang belakang berfungsi untuk menghasilkan darah. 
 
Jadi, mulai sekarang amalkanlah tidur yang cukup, tidak terlalu lewat dan jangan sesekali berjaga malam untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.